Senin, Februari 02, 2009

PENUTUP

Setelah kita membaca dan menelaah isi buku ini dari awal sampai akhir, maka kita mendapat kesimpulan bahwa apabila Allah menghendaki, tidak ada satu persoalan pun, baik di dunia maupun di akhirat, yang mustahil bagiNya.

Kita bisa mengetahui keadaan surga ataupun neraka, bisa mengobati orang-orang sakit, bisa bercakap-cakap dengan Allah dan sebagainya hanyalah karena Allah menghendakinya atau atas seizin Allah. Kita manusia ini dikatakan lahaola wala kuwata, tidak berdaya dan tidak berdaya apa-apa. Semuanya bisa terjadi karena kuasa Allah.

Maka setelah menghayati pelajaran ini, marilah kita semua mulai untuk selalu melaksanakan segala perintah Allah, menjauhi segala laranganNya, menanamkan sedalam-dalamnya rasa persatuan dan kesatuan serta rasa welas asih terhadap sesama manusia dan menghindari sejauh-jauhnya rasa permusuhan dan rasa benci terhadap sesama kita tanpa memandang bangsa dan agama. Juga, wujudkan dan amalkanlah isi Pancasila sebaik-baiknya, sehingga kita menjadi manusia Indonesia yang seutuhnya, yang berbudi luhur serta berguna bagi nusa bangsa dan agama kita. Dengan demikian, mudah-mudahan kita mendapat ridho Allah di dunia dan di akhirat.

Akhir kata, semoga Allah menjadikan negara kita Republik Indonesia ini sebagai negara yang subur, makmur, tenteram, damai dan sejahtera untuk selama-lamanya. Amin ya Allah ya robbal alamin. Akhirulkalam wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum wr. wb.

1 komentar:

Berkomentar boleh, tapi dengan wajah hati yang sejuk dan damai sehingga ada cahaya illahi yang memancar keluar menjadi suatu keindahan dalam perbedaaan