Senin, Februari 02, 2009

AMALAN-AMALAN / DOA-DOA YANG WAJIB DIAMALKAN

Bagi setiap pengikut IKDA, amalan-amalan atau doa-doa di bawah ini harus diamalkan sebanyak mungkin. Tapi sebelumnya, perhatikan dulu cara berdoa atau memohon seperti yang telah diuraikan pada bagian terdahulu, yaitu dengan lebih dulu membaca “kalimat kunci” dalam hati (cukup sekali saja), baru kemudian memohon berulang-ulang sambil menahan nafas.

1. Doa Penyerahan Diri

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa, Mahaagung dan Mahamengetahui, hanya kepadaMu ya Allah aku berlindung, menyerahkan diri, bersujud, berbakti, menyembah, beribadah dan beriman. Serta hanya kepadaMu ya Allah aku mohon pertolongan serta petunjuk-petunjuk yang sempurna atas segala persoalan di dunia maupun di akhirat.

2. Doa Syukuran

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa, Mahapengasih lagi Mahapenyayang, aku menghaturkan puji syukur alhamdulillah yang sebesar-besarnya ke hadiratMu ya Allah atas segala nikmat, rahmat, rejeki, perlindungan, keselamatan dan segala berkah yang telah Kau limpahkan kepadaku. Semoga semuanya itu Kau kekalkan bagiku dari dunia sampai akhirat.

3. Doa Mohon Ampun

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa dan Mahapengampun, kumohon ampunilah segala dosaku, yang besar atau kecil, yang tampak atau tidak, yang terasa atau tidak, yang kusengaja atau tidak, dan ampunilah segala sepak terjang serta amal perbuatanku yang tak Engkau ridhoi sebagaimana Engkau telah mengampuni dosa-dosa oarng-orang sebelumku. Juga, kumohon ampunilah dosa-dosa kedua orang tuaku, anak dan istriku, sanak saudaraku, karib kerabatku dan umatMu yang lain, sebab Engkaulah yang Mahatahu dan Mahapengampun.

Penjelasan :

Doa yang pertama disebut Doa Penyerahan Diri, karena kepada siapa lagi kita menyerahkan diri jika bukan kepada Allah yang Mahasegala-galanya (bagi yang beragama Islam, doa ini seperti Doa Iftitah dalam shalat wajib).

Doa yang kedua disebut Doa Syukuran, karena sepanjang hari kita telah menerima bermacam-macam kenikmatan dari Allah (berupa makanan, minuman, nikmat melihat, mendengar, merasakan dsb.), juga kita telah menerima rejeki dari Allah sehingga kita dapat makan, minum dan sebagainya. Selain itu, sepanjang hari kita pun telah dilindungi dan diselamatkan oleh Allah terhadap segala macam bahaya.

Maka sudah sewajarnya jika kita merasa bersyukur pada Allah atas segala karuniaNya itu dengan mengucapkan Doa Syukuran.

Doa yang ketiga yaitu Doa Mohon Ampun. Setiap manusia yang beriman kepada Allah dan mempunyai perasaan haruslah selalu merasa berdosa, karena dalam setiap ucapan, perbuatan, sepak terjang, pikiran dan penglihatan kita pastilah kita sering berbuat kesalahan atau kekhilafan terhadap sesama manusia, dan bahkan terhadap Tuhan yang Mahakuasa.

Jika kita bersalah terhadap sesama manusia, kita minta maaf kepada yang bersangkutan. Demikian juga jika kita berbuat kesalahan terhadap Tuhan, dengan sendirinya kita harus langsung mohon ampun kepadaNya.

4. Doa Kesadaran

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa, Mahapengasih lagi Mahapenyayang, kumohon padaMu jadikanlah aku sekeluarga orang-orang yang saleh, jujur, sabar dan sadar, serta beriman dan bertakwa hanya kepadaMu. Juga, masukkanlah kami ke dalam golongan ahli surga serta golongan orang-orang yang mendapat petunjuk dariMu.

5. Doa Ketenangan

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa, Mahapengasih lagi Mahapenyayang, kumohon padaMu agar aku sekeluarga Kau beri kehidupan yang tenang, tenteram, damai, bahagia, gembira, sehat dan selamat, berkah, nikmat dan sejahtera, sempurna lahir batin dari dunia dan akhirat.

6. Doa Mohon Rejeki

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa, Mahapengasih lagi Mahapenyayang, kumohon agar aku sekeluarga Kau beri rejeki yang berlimpah ruah, terus menerus tiada habisnya berupa uang, sandang dan pangan demi ketenangan, ketenteraman, kebahagiaan dan kesempurnaan hidupku sekeluarga dari dunia sampai akhirat, dan untuk amal salehku ya Allah.

7. Doa Perlindungan

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa, Mahasakti dan Mahaperkasa, kumohon agar aku sekeluarga Kau lindungi, Kau hindarkan dan Kau jauhkan sejauh-jauhnya dari segala macam marabahaya, malapetaka, penyakit, dari segala kejahatan, kemurkaan, gangguan dari sesama manusia, dari gangguan mahluk-mahluk halus, roh-roh jahat, jin, setan, siluman, iblis marakayangan, ilu-ilu banaspati dan sebagainya. Juga, kumohon jauhkanlah dari segala macam ujian, cobaan, godaan, hinaan, cacian, makian dan fitnahan yang datang dari mana saja, kapan saja dan waktu apa saja, demi kesempurnaan hidupku dari dunia sampai akhirat nanti ya Allah.

8. Doa Keagungan Atau Pengisian

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa, Mahaagung, Mahasakti dan Mahasegala-galanya, kumohon agar lahir batinku, jasmani dan rohaniku, rasa perasaan dan alam pikiranku Kau isi dan Kau saluri dengan keagungan, kemuliaan, kewibawaan, kegagahan, keberanian, kecerdasan yang sempurna, kekuatan, kesaktian, kehebatan, kekebalan dari segala macam bahaya yang kasar maupun halus, kewaspadaan lahir batin yang sempurna luar biasa, keampuhan, kemukjizatan, kemustajaban, kemanjuran, kemujaraban yang berlipat ganda, sempurna luar biasa, seteduh metu seucap nyata, weruh sedurung winarah untuk menjaga diriku sekeluarga dari segala marabahaya, segala gangguan mahluk-mahluk halus, roh-roh jahat, jin, setan, siluman, iblis marakayangan, ilu-ilu banaspati, dari segala ilmu sihir, guna-guna dan ilmu hitam. Juga untuk menolong sesamaku manusia, untuk menyiarkan ilmuMu yang sempurna ini, serta untuk menghancur leburkan segala nafsu angkara murka, segala kejahatan, kemusrikan dan segala ilmu yang tidak Engkau ridhoi di mana saja kapan saja dan waktu apa saja.

9. Doa Kewaspadaan

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa, Mahapengasih lagi Mahapenyayang, kumohon berilah aku kewaspadaan dan ketajaman perasaan lahir batin yang sempurna luar biasa untuk dapat mengetahui segala sesuatu yang akan atau belum terjadi.

10. Doa Penutup

Amin ya Allah ya robbal alamin, semoga Allah mengabulkan semua permohonanku.

--------

Semua doa di atas merupakan permohonan kita kepada Allah SWT, karena hanya Dialah tempat kita memohon (Allahu Somad), baik mengenai persoalan dunia maupun akhirat. Hanya Allah yang Mahasegala-galanya yang menguasai sekalian alam.

Selain berdoa seperti di atas, kita pun jangan lupa untuk mendoakan para nabi (Salawat Nabi), para wali, para leluhur kita, para pemimpin negara kita serta nusa bangsa kita.

Di samping itu, kita pun harus selalu berdoa jika akan makan, minum dan mandi, atau ketika akan tidur, bepergian dan sebagainya.

Ini sesuai dengan nama pelajaran kita, yang bertujuan agar kita sempurna baik jasmani maupun rohani.

Doa Mau Makan Atau Minum :

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa, Mahapengasih lagi Mahapenyayang, kumohon agar makanan / minuman ini Kau sucikan, Kau bersihkan, Kau berkati dan Kau sempurnakan. Juga, kumohon sucikan, bersihkan, berkati dan sempurnakanlah aku / kami yang memakan / meminumnya.

Doa Mau Mandi :

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa, Mahapengasih lagi Mahapenyayang, kumohon agar Engkau menyucikan, membersihkan, memberkati dan menyempurnakan air mandi beserta alat-alat yang kupakai mandi. Juga, kumohon sucikan, bersihkan, berkati dan sempurnakanlah aku yang akan mandi ini.

Setelah selesai makan / minum / mandi, jangan lupa melakukan syukuran atas segala nikmat, rahmat, rejeki atau kesegaran yang telah kita terima itu, dan mohon agar semua itu dikekalkan dari dunia sampai akhirat.

Doa Akan Bepergian :

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa, Mahapengasih lagi Mahapenyayang, kumohon lindungi dan selamatkanlah aku dan semua orang yang ada dalam kendaraan ini dari awal perjalanan hingga akhir tujuan nanti.

Setelah sampai di tujuan, jangan lupa untuk syukuran :

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa, aku menghaturkan puji syukur alhamdulillah yang sebesar-besarnya ke hadiratMu atas segala perlindungan dan keselamatan yang telah Kau berikan padaku. Semoga semua itu Kau kekalkan bagiku dari dunia sampai akhirat.

Doa Akan Tidur :

Ya Allah ya Tuhanku yang Mahakuasa, Mahapengasih lagi Mahapenyayang, kumohon agar aku sekeluarga Kau beri tidur yang nikmat, nyenyak dan selamat sampai dengan waktu kami bangun.

Setelah bangun tidur, jangan lupa melakukan syukuran.

Jadi pada dasarnya, pelajaran yang saya tulis dalam buku ini mengajak kita agar selalu ingat kepada Allah SWT di mana saja, kapan saja dan pada waktu apa saja.

Catatan :

Jika doa-doa yang telah dituliskan di atas dirasakan terlalu panjang, para murid boleh saja menyingkatnya asalkan makna dan isinya tidak berubah. Doa-doa lainnya bisa dibuat sendiri berdasarkan kebutuhan, dengan kalimat yang tepat dan sesuai, asalkan sebelumnya kita menyebut dulu nama Allah serta memujiNya.

3 komentar:

  1. ass bisa minta nomor handpone nya mas kebetulan sy jg mengikuti pelajaran IKDA ini..domisili sy di Propinsi Bengkulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass ...bagaimana perkembangan ikda dibengkulu..saya ikhwan ikda bekasi.

      Hapus
  2. ass.. bisa minta nmr telponnya..
    saya pengikut ikda yang belajar tanggung2
    asli kelahiran dari jakarta besar di bekasi
    sekarang bekerja di (isp)internet service provider
    wilayah kota malang, jawa timur.
    ini nmr telpon saya 085310599988

    BalasHapus

Berkomentar boleh, tapi dengan wajah hati yang sejuk dan damai sehingga ada cahaya illahi yang memancar keluar menjadi suatu keindahan dalam perbedaaan